Bolehkah Qunut Pada Sholat Jumat

بسم الله الرحمن الرحيم
الحمد لله رب العالمين, والصلاة والسلام على أشرف المرسلين. أما بعد :
Bolehkah Qunut Pada Sholat JumatPertanyaan : Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh

Langsung ke pertanyaan saja pak, setiap hari jumat saya kan sholat di masjid dekat kantor, tapi ketika memasuki rakaat 2, imam langsung membaca doa, seperti ketika kita sholat shubuh, apakah ada hadits atau dalil yang membenarkan seperti itu pak? Terima Kasih.

Wassalam

Toni Iswanto, Bogor

Jawaban : Wa'alaikum salam warahmatullah wabarakatuh

Lebih baik untuk meninggalkan jika mengkhususkan doa qunut pada sholat jum'at, begitu Syeikh Ibnu Al-Utsaimin ketika di tanya tentang hukum qunut pada sholat jum'at. bahkan sebagian ulama mengatakan bahwa qunut yang di lakukan hanya pada sholat jum'at adalah bid'ah, karena itu tidak pernah di praktekkan oleh Nabi dan para sahabatnya.

Adapun qunut nazilah, maka boleh di lakukan pada sholat jum'at, akan tetapi harus di lakukan juga pada sholat-sholat yang lain. di riwayatkan dari Anas -radhiallahu 'anhu- bahwa Nabi -sholallahu 'alaihi wasallam- pernah melaksanakan qunut nazilah selama 1 bulan berturut-turut.

أن النَّبِيّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَنَتَ شَهْرًا بَعْدَ الرُّكُوعِ يَدْعُو عَلَى أَحْيَاءٍ مِنْ بَنِي سُلَيْمٍ

Artinya : "Bahwa Rosulullah -sholallahu 'alaihi wasallam- pernah melakukan qunut selama satu bulan (di lakukan) setelah rukuk, mendoakan orang-orang dari bani Salim." (HR Bukhori dan Muslim)

Imam Asy-Syafi'i berkata : di riwayatkan dari Nabi -sholallahu 'alaihi wasallam- jumlah sholat jum'at, akan tetapi saya tidak mengetahui riwayat bahwa beliau qunut pada sholat tersebut, kecuali beliau juga telah qunut pada sholat-sholat yang lainnya seperti ketika beliau qunut untuk para sahabat yang gugur pada peristiwa "bi'r Maunah." dan tidaklah ada qunut pada sholat kecuali sholat subuh, kecuali ada peristiwa (nazilah) maka qunut di lakukan pada semua sholat jika imam menghendakinya.

0 comments:

Posting Komentar