Seminggu Penuh Berkah Bersama Islamic Engineering Fair VII


 
Alhamdulillah, perhelatan atau "alek" terbesar yang diadakan oleh Forum Studi Islam Teknik (Foristek) Universitas Andalas-Islamic Engineering Fair VII- kembali diadakan pada tahun ini. Dengan mengusung tema Teknologi dan Perabadan, rangkaian kegiatan IEF siap untuk dilaksanakan.  Perhelatan ini diadakan selama seminggu yaitu dari hari Selasa, 25 sampai tanggal 30 September 2018.  
        Islamic Engineering fair ini diisi dengan berbagai rangkaian acara yang mendukung tema yang diangkatkan. Adapun rangkaian acara dari IEF VII ini yaitu:
  1. Tabligh Akbar dan Open House 
  2. Engineering Berkarya
  3. Talkshow Kemuslimahan
  4. Seminar Nasional
       Yuk simak bagaimana keseruan  IEF pekan lalu

Tabligh Akbar dan Open House 
    Islamic Engineering Fair VII dibuka dengan acara Tabligh Akbar dan Open House yaitu pada hari Selasa, 25 September 2018. Tabligh akbar diisi oleh Ustadz kondang yang kece yaitu Ustadz Zulfi Akmal, Lc. MA. Tema dari tabligh akbar ini yaitu Hakikat Islam Milenial. tema yang sangat cocok dengan pemuda-pemuda jaman now disertai dengan pembawaan dari Ustadz yang bisa cocok dengan karakter anak muda.
Dokumentasi saat Ustadz Zulfi Akmal,Lc Ma menyampaikan materi

Setelah tabligh akbar selesai, acara selanjutnya yaitu Open House Foristek.Open House ini dilaksanakn di Mushalla Teknik dan turut mengundang seluruh warga teknik serta civitas akademika yang ada di Fakultas Teknik. Dengan adanya open house ini diharapkan dapat mempererat hubungan siaturahmi antara Foristek dan seluruh warga teknik.
Penyerahan kenang-kenangan kepada pemateri oleh Ketua Umum Foristek

Engineering Berkarya
Engineering berkarya merupakan salah satu rangkaian acara IEF yang bertujuan untuk  mengembangkan bakat dan talenta yang dimiliki oleh mahasiswa teknik, dan juga agar menambah kecintaan mereka terhadap Al-Qur’an sebagai pedoman hidup serta untuk melatih kemampuan menulis.
Kegiatan yang dilombakan yaitu:
·         Lomba Essay  

·         Lomba Tartil
·         Lomba Hifzil
·         Desain Poster
·         Lomba Cipta Puisi
·         Lomba Tutorial Hijab

Kegiatan ini berlangsung dari tanggal 26 September - 27 September 2018. Bertempat di Mushalla Teknik.
Perlombaan  MHQ pada IEF VII
Perlombaan MHQ Islamic Engineering  Fair VII

Pemenang masing-masing lomba di umumkan pada acara Seminar Nasional yang merupakan rangkaian acara terakhir dairi IEF VII.
Adapun pemenang dari masing-masing lomba yaitu:
Juara MHQ
1. Rafi Alhabsy
2. Ghiffary Isnain

Juara MTQ
1. Syeftian Harchanio
2. Ahmad Yunadi

 Pemenang Lomba MHQ dan MTQ
Pemenang Lomba Poster
Terbaik :  Muhammad Naufal Alwan, Fisika 2017
Terfavorit : Rizka Julyanti,  Teknik Industri 2014

 
Poster pemenang Terfavorit 

 Poster Pemenang Terbaik 

 Para Pemenang Lomba berfoto bersama Pemateri Seinar Nasional
Talkshow Kemuslimahan 
Talkshow kemuslimahan ini dilaksanakan guna mengoptimalkan wawasan dan kemampuan muslimah, maka dibutuhkan sarana pendidikan atau transformasi ilmu pengetahuan dan teknologi. Untuk itu dilakukan seminar kemuslimahan tentang wanita yang menginspirasi. Talkshiw kemuslimahan ini dilaksanakan pada hari Jumat, 28 September 2018 di gedung seminar I.
Bentuk tranformasi ilmu pengetahuan tersebut disajikan pada talkshow ini yaitu dalam bentuk seminar dengan tema Bela Diri”".
Talkshow Kemuslimahan yang diadakan di Gedung Seminar I
  Seminar Nasional 
 
      Selanjutnya, rangkaian Islamic Engineering Fair ditutup dengan acara Seminar Nasional yang bertemakan "Memacu Potensi Diri, Merajut Senyum Ibu Pertiwi". Dilaksanakan pada hari Minggu, 30 September 2018 di gedung Seminar I. 
     Seminar Nasional ini di moderatori oleh Muhammad Rendy, Teknik Elektro 2014 yang juga merupakan delegasi PIMNAS 31. Seminar Nasional ini di isi oleh pemateri Luar Biasa yaitu Malik Khidir atau yang sering di sapa Mas Malik. Mas malik sendiri merupakan CEO dari Stechoq Robotika yaitu suatu start up yang bergerak dibidang robotika. Dengan di latar belakangi pengalaman Robotik yang luar biasa serta pembawaan  Mas Malik yang easy going dan dicampur dengan humor yang khas, Mas Malik berpesan kepada seluruh peserta agar mau Berkarya untuk Bangsa. 

Mas Malik Khidir Ketika Mengisi Acara Seminar Nasional

 Pemberian Kenang-kenangan oleh Ketua Umum Foristek

Setelah seminar nasional berakhir, dilanjutkan dengan acara pengumuman lomba-lomba Engineering Berkarya sekaligus penutupan Islamic Engineering Fair VII.

Alhamdulillah dan Puji syukur selalu terucapkan kepada Allah swt sehingga acara Islamic Engineering Fair  VII dapat terlaksana dengan lancar.
Dan banyak terima kasih pada panitia IEF yang telah meluangkan waktu dan tenaganya untuk Kegiatan Akbar ini.
Allahuakbar !!!

Sampai Jumpa di IEF tahun depan yaaa  

⏭⏭⏭⏭⏭  ⏭⏭⏭⏭⏭ ⏭⏭⏭⏭

Written by Syiar Media


 
 

0 comments:

Posting Komentar