TIPS SEHAT UNTUK PERJALANAN MUDIK

Tips berikut ini diharapkan dapat membantu agar tetap sehat dan bugar selama melakukan perjalanan mudik. 


11. Memeriksa Kondisi Kendaraan dan Melengkapi Perlengkapan Berkendara
            Sebelum melakukan perjalanan mudik, kondisi kendaraan yang akan digunakan sebaiknya diperiksa. Bahkan, jika memungkinkan perlu diservis dahulu di bengkel langganan. Diharapkan dengan kondisi kendaraan yang bagus, perjalanan mudik akan lancar.
            Selain mengecek kondisi kendaraan, hal yang tidak boleh untuk dilupakan adalah memeriksa perlengkapan berkendara, baik itu yang berupa surat-surat kendaraan maupun perlengkapan keselamatan berkendara. Hal ini terutama sekali bagi  pemudik yang menggunakan sepeda motor. Selain menggunakan helm yang standar, disarankan juga memakai masker penutup wajah untuk melindungi diri dari polusi udara. Selain itu, sebaiknya tidak lupa untuk memakai jaket yang digunakan untuk melindungi diri dari angin selama perjalanan, usahakan menggunakan jaket yang anti air, agar dapat tetap berkendara ketika hujan. Kemudian, sebaiknya memakai sepatu dan sarung tangan agar kaki dan tangan tetap nyaman ketika berkendara dalam waktu lama.

22. Persiapkan Obat-obatan
Sebelum melakukan perjalanan mudik yang panjang, sebaiknya segala keperluan selama perjalanan dipersiapkan dengan baik. Misalnya, gunakan pakaian yang membuat Anda merasa nyaman selama perjalanan. Selain itu, bawalah persiapan obat-obatan yang diperlukan. Obat-obat yang hampir selalu diperlukan, misalnya obat nyeri/analgenik jika badan terasa lelah dan pegal-pegal, obat flu, obat antidiare, mual/muntah, itu semua harus selalu dipersiapkan. Obat-obat yang harus rutin diminum, seperti obat untuk diabetes, hipertensi, jantung, dan sebagainya jangan sampai ketinggalan. Jangan memaksakan diri dengan meminum obat atau bahan tertentu yang dipromosikan dapat meningkatkan daya tahan tubuh sesaat.

33. Bawalah perlengkapan Shalat
            Jangan lupa untuk membawa perlengkapan shalat seperti kain sarung, sajadah, dan mukena bagi perempuan. Dengan terjaganya shalat kita, InsyaAllah mudik kita akan mendapat keberkahan dan diberi keselamatan oleh Allah SWT.

44. Memerhatikan Makanan Selama Perjalanan
            Jangan membeli makanan sembarangan. Jika salah makan, dikhawatirkan akan mengakibatkan diare. Jangan minum minuman yang mengandung kafein karena ini akan mempercepat terjadinya dehidrasi. Pastikan stock makanan cukup apabila terjebak kemacetan yang panjang.

55. Memerhatikan Waktu Perjalanan
            Mamantau kondisi lalu lintas di jalan utama yang akan Anda lewati dapat membantu menentukan waktu perjalanan yang paling ideal. Melakukan perjalanan siang hari lebih cepat membuat letih daripada malam hari. Ambillah waktu terbaik sesuai atau Anda bisa memilih untuk berangkat setelah shalat subuh.

66. Beristirahat
            Meskipun perjalanan masih jauh dan lama, segera beristirahat jika sudah merasa lelah berkendara tidak ada yang lebih penting dibandingkan keselamatan Anda dan keluarga. Anda dapat mengambil waktu untuk beristirahat setiap 3 atau 4 jam berkendara untuk menjaga stamina Anda.

0 comments:

Posting Komentar