Sukses saat-saat Terakhir




Berikut tips-tips yang bisa dilakukan untuk memaksimalkan sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan kita, seperti yang dilansir oleh Islamicity.

1. Lakukan perjalanan untuk Allah. Luangkanlah sebagian waktu sibuk kita untuk melakukan suatu perjalanan khusus yang ditujukan untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah. Pergilah ke suatu tempat yang dapat membuat kita bersyukur lebih banyak kepada Allah, terkagum pada ciptaan-Nya, dan mampu meningkatkan keimanan serta kecintaan kepada Allah SWT.

2. Ber-Itikaf. Habiskan malam dengan berdiam di masjid. Bukan tidur semalaman, melainkan berdzikir, memohon ampun, bermuhasabah, dan melakukan shalat malam (qiyamul lail).

3. Mengkaji Al-Qur’an. Jangan hanya membaca Al-Qur’an dari tulisan arabnya saja. Pahami juga terjemahannya dengan membaca tafsir dan jangan lupa untuk mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.

4. Perbanyaklah Beristighfar. Ramadhan adalah bulan yang penuh dengan ampunan, terutama pada sepuluh hari terakhirnya. Karena itu, pastikan setiap waktu terisi dengan kegiatan bermanfaat yang mampu menambah pahala juga mendekatkan kita kepada ampunan Allah, sehingga dosa-dosa kita dapat dihapuskan oleh Allah SWT. 

5. Buat daftar do’a pribadi. Tuliskan apa saja yang kita inginkan, lalu berdo’alah untuk itu di setiap shalat, setiap waktu, terutama di waktu diijabahnya do’a. Dengan membuat daftar, kita tidak akan lagi kebingungan akan berdo’a apa saja, dan tidak ada lagi do’a yang terlewatkan untuk dipanjatkan. Berdo’alah dengan sungguh-sungguh, penuh ketulusan hati, dan jangan terburu-buru.

Dari Aisyah r.a., ia berkata, “Aku bertanya, ‘Ya Rasulullah jika aku mengetahui bahwa malam itu adalah lailatul qadar, apa yang harus aku ucapkan waktu itu?’ Rasulullah bersabda, ‘Ucapkanlah: Allaahumma innaka ‘afuwwun kariim tuhibbul ‘afwa fa’fu ‘annii (Ya Allah sesungguhnya Engkau Maha Pemaaf lagi Maha Mulia, Engkau Mencintai Pemaafan, maka maafkanlah aku)’,” (HR. Tirmidzi, shahih menurut Al-Albani).

6. Evaluasi diri. Periksa semua kegiatan yang telah dilakukan. Apakah bermanfaat? Mendatangkan pahala dan ridho Allah? Atau malah mendatangkan dosa? Perhatikan setiap langkah, ucapan, dan perbuatan kita. Apabila terdapat kesalahan segeralah meminta ampun kepada Allah dan perbaikilah kesalahan tersebut, jangan sampai terulang kembali.

Sebenarnya masih banyak kegiatan yang mampu memaksimalkan sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan, semuanya kembali lagi kepada diri kita. Mari kita sama-sama perbaiki diri, maksimalkan ibadah, dan manfaatkan waktu-waktu berharga ini untuk mendapatkan sebanyak-banyaknya pahala, kasih sayang, ampunan, serta ridho Allah SWT. Semoga bermanfaat.

Sumber: Islamicity

0 comments:

Posting Komentar