10 Masjid Tertua di Dunia

Semoga bisa menguatkan Iman Kita. Dan bisa juga mendorongan kita untuk selalu meramaikan nya. Dalam Al Qur’an Allah SWT berfirman, surah At-Taubah ayat 18 yang artinya ; “Hanya saja orang yang memakmurkan masjid, adalah orang yang beriman kepada Allah, beriman kepada hari Akhirat, yang dia menegakkan sholat yang lima waktu dan dia menunaikan zakat, merekalah yang diharapkan mendapatkan hidayah, mendapatkan petunjuk dari Allah SWT”.
Berikut Artikel nya Sobat:

1.Masjid Quba Saudi, Saudi
pertama dibangun: 622
lokasi: Madinah
negara: Arab saudi

masjid quba di lingkungan terpencil madinah di arab saudi, merupakan masjid tertua di dunia. Batu pertamanya yang diposisikan oleh Nabi Muhammad SAW pada emigrasi dari kota mekah ke madinah dan masjid ini selesai dengan para sahabatnya. Nabi Muhammad SAW menghabiskan lebih dari 20 malam di masjid ini(setelah bermigrasi) berdoa qasr (sebuah doa pendek) sambil menunggu sahabat ali yang rumahnya di bangun di belakang masjid ini.

2. Al-Masjid al-Nabawi, Saudi Arabia
pertama dibangun: 622
lokasi: Madinah
negara: Arab saudi

Al-masjid al nabawi, yang sering disebut masjid Nabi adalah sebuah Masjid yang terletak di kota madinah. Sebagai tempat peristirahatan terakhir Nabi Muhammad SAW, mesjid ini dianggap tempat paling suci kedua dalam islam oleh umat islam (yang pertama adalah masjid al-haram di mekkah). Masjid ini berada di bawah kendali penjaga dua masjid suci.

3. Mesjid al-Qiblatain, Saudi Arabia
pertama dibangun: 623
lokasi: Madinah
negara: Arab saudi

Mesjid Al-qiblatain (masjid dua qiblaT) adalah sebuah masjid di madinah yang secara historis penting bagi umat Islam sebagai tempat dimana Nabi Muhammad SAW, memimpin doa, dikatakan telah diperintahkan untuk mengubah arah shalat (kiblat) dari yerusalem ke mekah. Jadi keunikan yang terdapat dalam relungan doa dua (mihrabs). Baru-baru ini masjid tersebut direnovasi, menghapus arah yang menghadap ke yerusalem dan mengarahkan yang menghadap ke Mekah.

4. Mesjid Jawatha, Saudi Arabia
pertama dibangun: 629
lokasi: Al kilabiyah
negara: Arab saudi

Mesjid Jawatha (juga salah satu ejaannya al-jawana) terletak di desa al-kilabiyah, sekitar 12km timur laut hofuf, al-ahsa, arab saudi. Itu adalah awal masjid yang dibangun di arabia timur dan sebagian besar struktur asli di reruntuhan. Tempat ini masih digunakan untuk berdo'a.

5.Masjidil al-Haram, Saudi Arabia
pertama dibangun: 638
lokasi: Mekkah
negara: Arab saudi

Al-masjid al-haram merupakan salah satu masjid terbesar di dunia. Terletak di kota Mekah, mesjid ini akan selalu di kunjungi oleh Umat Islam baik untuk menyampaikan Do'a maupun untuk melaksanakan Ibadah Haji tiap tahunnya. Masjid ini juga dikenal sebagai Mesjid Agung.

6. Mesjid Agung Kufah, Iraq
pertama dibangun: 639
lokasi: Kufa
negara: Irak

Mesjid Agung Kufah, atau masjid al-kufah, atau masjid-al-azam terletak di kufah, irak, merupakan salah satu masjid paling awal dalam islam. Dibangun pada abad ke-7, berisi sisa-sisa muslim ibn ‘aqil – sepupu pertama dari husain bin’ ali, rekan hani nya ibn ‘urwa, dan mukhtar al-thaqafÄ« revolusioner.

7. Mesjid Uqba, Tunisia
pertama dibangun: 670
lokasi: Kairouan
negara: Tunisia

Mesjid Uqba, juga dikenal sebagai masjid Agung Kairouan, merupakan salah satu mesjid paling penting di Tunisia, terletak di kota warisan dunia Unesco Kairouan.

8. Mesjid Imam Hussain, Iraq
pertama dibangun: 680
lokasi: Karbala
negara: Irak

Ali bin husain vihara ‘adalah sebuah tempat suci syiah islam di kota karbala, irak. Ia berdiri di lokasi makam ali, cucu kedua muhammad, dekat tempat di mana ia terbunuh selama pertempuran karbala pada 680 masehi makam Husain bin ‘ali bin husain adalah salah satu tempat suci untuk syiah ‘sebagai luar mekah dan madinah, dan banyak berziarah ke situs ini. Setiap tahun, jutaan peziarah mengunjungi kota untuk mengamati ‘asyura, yang menandai ulang tahun meninggal husain bin’ ali.

9. Mesjid Al-Aqsa, Jerusalem
pertama dibangun: 705
lokasi: Jerusalem
negara: Israel

Mesjid al-aqsa, adalah tempat suci islam di kota lama yerusalem. Tempat yang termasuk mesjid (bersama dengan kubah batu), juga disebut sebagai al-haram ash-sharif atau “suci noble sanctuary”, adalah temple mount, situs paling suci dalam yudaisme, tempat di mana pertama dan kedua candi yang berlaku umum untuk memiliki berdiri. Muslim percaya bahwa Nabi Muhammad SAW adalah diangkat dari masjidilharam di mekah ke al-aqsa selama perjalanan mi'raj. Tradisi islam menyatakan bahwa Nabi Muhammad memimpin doa terhadap situs ini sampai bulan ketujuh belas setelah emigrasi, ketika Allah SWT mengarahkan Nabi Muhamad SAW untuk mengubah arah kiblat.

10. Mesjid Al-Zaytuna, Tunisia
pertama dibangun: 709
lokasi: Tunis
negara: Tunisia

Mesjid Al-zaytuna, atau ez-zitouna atau Mesjid ezzitouna adalah sebuah Mesjid besar di Tunisia, dekat pantai utara afrika.


Sumber: http://ahmad-roni.blogspot.com/2011/03/10-masjid-tertua-di-dunia.html

0 comments:

Posting Komentar